Demokrasi Negara Maju VS Demokrasi Negara Sedang Berkembang

Ghafarz project - Mengapa negara yang sejak dahulu menerapkan sistem demokrasi akan lebih maju, sedangkan jika dibandingkan negara-negara yang baru menganut sistem demokrasi menjadi gagal/miskin?

Pada pertanyaan kasus tersebut yaitu karena negara-negara yang menganut sistem demokrasi sejak awal permulaan dalam pemerintahannya itu berdiri akan lebih mudah diterima/dipahami oleh rakyatnya.

Sehingga berbeda dengan negara-negara yang masih baru-baru menganut sistem demokrasi akan lebih sulit dijalani, karena rakyatnya perlu beradaptasi/penyesuaian terhadap sistem demokrasi tersebut.
 
Maka bagi negara-negara yang telah lama menganut sistem demokrasi akan lebih maju baik di bidang ekonomi, sosial, politik, serta budaya. Lain halnya dengan negara-negara yang masih baru-baru menganut sistem demokrasi, negara tersebut belum bisa maju malah gagal bahkan menjadi miskin. Revolusi informasi dan komunikasi di penghujung abad ke-20 telah menyentuh hampir seluruh negara dan kota di muka bumi ini.

Meningkatnya akses informasi dan komunikasi telah mengakibatkan perubahan ekonomi, sosial, dan politik yang mendasar. Yang paling penting, revolusi itu telah membuka jalan yang lebih mudah untuk berbagi perspektif dan informasi, serta mempertimbangkan demokrasi dan masukan dari masyakarat secara langsung dengan cara yang pada beberapa tahun silam nyaris mustahil.

Oleh karena itu negara-negara yang telah menganut sistem demokrasi sejak dahulu akan tetap diterapkan dalam menjalankan pemerintahannya, sedangkan negara-negara yang telah gagal dalam menerapkan sistem demokrasi tersebut banyak yang telah meninggalkannya.


Sumber : World Knowledge
Tags: ,

Add Facebook

0 komentar

Leave a Reply